LikaLikuBisnis

Berbagi Informasi Untuk Kemajuan Bersama

Panduan Belanja Online

leave a comment »

Belanja online adalah proses membeli produk atau jasa menggunakan jasa online seperti INTERNET.

online shopping

Anda pernah belanja di toko online? Jika sudah, bagaimanakah pengalaman Anda belanja di toko online tersebut di Indonesia? Mengasyikkan? Atau malah Anda pernah merasa ditipu?  Terlepas dari pengalaman buruk apapun belanja di toko online yang pernah Anda alami, tentunya akan membuat kita lebih berhati-hati lagi untuk belanja online kedepannya, khususnya belanja online di Indonesia. Bagi Anda yang masih bingung, perlu panduan dan masih tidak percaya serta takut untuk belanja online, Anda perlu membaca artikel ini. Artikel ini akan memberikan masukan buat Anda bagaimana sebaiknya Anda melakukan belanja online yang cerdas dan menguntungkan.

Langsung saja ya, misalkan Anda ingin membeli perangkat baru seperti wireless router, printer, handphone, kamera digital dan lain-lain melalui website toko online Indonesia. Apa yang harus Anda lakukan? Tentunya mencari informasi, bukan? Berikut langkah-langkahnya:

Langkah Pertama: Ketahui secara seksama produk yang ingin dibeli
  • Buka website tujuan Anda. Misalnya www.bhinneka.com. (Bhinneka.com merupakan situs online pertama dan terbesar di indonesia yang juga mempunyai toko fisik di daerah gunung sahari dan mangga dua)
  • Cari produk yang Anda inginkan di website tersebut sesuai dengan kategori produk, atau untuk mempermudah dapat menggunakan fasilitas pencarian yang tersedia.
  • Perhatikan spesifikasi produk apakah sesuai dengan harapan Anda. Supaya Anda tidak merasa dirugikan oleh penjual karena ketidaktahuan Anda tentang spesifikasi produk tersebut.
  • Lihat review dan testimonial tentang apa yang dikatakan pembeli terhadap produk yang dijual tersebut. Mencari beberapa review dari konsumen yang pernah membeli produk tersebut sangatlah penting sebagai bahan referensi bagi Anda sebelum membeli produk. Untuk produk teknologi atau elektronik, Anda dapat melihat reviewnya di website internasional seperti http://reviews.cnet.com , http://dpreview.com , http://www.epinions.com (ingat yang kita ingin cari tahu adalah spesifikasi produknya bukan toko onlinenya)
Langkah Kedua: Bandingkan penawaran produk di toko online pertama dengan beberapa toko online lainnya di Indonesia
  • Bandingkan harga produk dan penawaran lainnya di website lain setelah Anda mencari tahu produk dan tertarik akan membelinya, misalnya di www.kamera.co.id, www.tokobagus.com, www.belibu.com, www.glodokelektronik.com atau website lainnya yang Anda percayai. Ingat pengalaman membuktikan bahwa desain atau tampilan website mencerminkan tingkat profesionalitas suatu toko online dikelola. Jangan terpatok pada harga produk yang murah saja, masih ada faktor lain seperti layanan dan penawaran menguntungkan yang ditawarkan suatu toko online yang harus diperhatikan antara lain diskon harga kompetitif, biaya pengiriman gratis, bonus hadiah dan garansi produk.
Langkah Ketiga: Perhatikan Cara pembayaran ketika membeli
  • Pilih cara pembayaran yang Anda nilai paling aman, beberapa toko online memperbolehkan Anda membayar langsung ditempat ketika barang dikirim kerumah Anda (COD=Cash On Delivery). Beberapa toko lain mewajibkan Anda mentransfer uang terlebih dahulu sebagai deposit ke rekening toko online kemudian Anda baru diminta melunasinya setelah barang dikirim.

Demikianlah langkah-langkah yang harus Anda cermati ketika membeli barang secara online di website toko online yang ada Indonesia, semoga dapat dimengerti.

Perbedaan trend belanja online di Indonesia dan di negara lain

Trend belanja online di indonesia, cukup jauh berbeda dengan tren yang telah terbentuk di negara lain seperti Amerika. Di Amerika, trend belanja di toko online terbentuk karena individu semakin sibuk sehingga ingin dimanjakan. trend tersebut menjadi gaya hidup dan seiring dengan berjalannya waktu ada rasa kepercayaan yang tinggi dalam belanja online.

Berbeda dengan di Indonesia, umumnya orang Indonesia masih senang belanja di mall. Itu karena mall dipandang sebagai salah satu tempat rekreasi. Tapi bagi sebagian orang yang lebih mengutamakan kepraktisan maka belanja online menjadi pilihan. Sayangnya, trend belanja online di Indonesia belum terlalu tinggi karena adanya faktor ketidakpercayaan.

Written by likalikubisnis

November 28, 2010 at 12:04 am

Leave a comment